Senin, 22 Oktober 2018

3 M

Post oleh : Unknown | Rilis : 09.06 | Series :

JAUH LAH PENYAKIT 3M
Mulai sekarang jauhi lah dengan penyakit 3M yaitu (Menyalahkan orang lain,Membandingkan,Membanggakan diri)

Mulai dari yang pertama yaitu menyalahkan orang lain, Memang, ada tipe-tipe orang tertentu yang sangat mudah menyalahkan orang lain. Bahkan, apapun pendapat orang lain selalu disalahkan. Tentu, mereka menyalahkan orang lain dari sudut pandangnya sendiri yang dianggap benar. Padahal, apa yang dikatakannya belum tentu benar.
Secara umum, orang mudah menyalahkan pendapat orang lain karena:

1.Tidak memahami pendapat orang lain, Biasanya, mereka tidak memahami pendapat orang lain karena tidak tahu sudut pandang orang yang berpendapat. Biasanya, mereka juga tidak mengenal apa kompetensi yang berpendapat. Bisa juga karena terlalu tergesa-gesa menangkap pendapat orang lain tanpa dipikirkan lebih mendalam. Biasanya, mereka tidak memahami pendapat orang lain karena tidak tahu sudut pandang orang yang berpendapat. Biasanya, mereka juga tidak mengenal apa kompetensi yang berpendapat. Bisa juga karena terlalu tergesa-gesa menangkap pendapat orang lain tanpa dipikirkan lebih mendalam.


2.Salah persepsi Persepsi adalah cara pandang dan cara pikir seseorang terhadap suatu objek pembicaraan yang diproses secara langsung di dalam otak seseorang dari sudut pandang yang sudah ditentukan secara apriori. Clakanya adalah, mereka mengambil posisi yang berbeda dengan orang yang punya pendapat. Sehingga apa yang dipersepsikan selalu salah.

3.Karena minimnya pengetahuan atau ilmu pengetahuan yang dimiliki, Mereka bisa saja mudah menyalahkan pendapat orang lain karena minimnya pengetahuan atau ilmu pengetahuan yang dimiliki. Sehingga mereka sering terjebak pada hal-hal yang mereka sebenarnya tidak punya kompetensi. Tidak didukung landasan pengetahuan atau ilmu pengetahuan yang relevan sehingga terkesan snob (sok tahu, sok mengerti atau sok pintar).

                Yang kedua yaitu Membandikan orang lain, Ambillah contoh sederhana. "Aku harap aku bisa punya banyak temen kayak si A". Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuat kita meremehkan potensi diri sendiri dan membuat kita rendah diri (bedakan dengan rendah hati). kamu mungkin berpikir kalo kamu gak mempunyai potensi apa-apa karena merasa sudah jadi pecundang dan menganggap yang lain lebih berbakat. OK! Si A lebih banyak punya temen daripada agan (misalnya) tapi bukan berarti menganggap diri kamu rendah. Mungkin kamu tidak mempunyai apa yang orang lain punya, tapi, kamu mungkin punya "tempat" dan dalam situasi yang lebih beruntung dari dia. Pernah mikir kayak gitu gak? Mungkin kamu tidak pernah tau kalo dia (A) sebernernya cuma pengen punya sedikit teman tapi yang bener-bener teman sejati. Gak ada yang menjamin kehidupan dia ini lebih bahagia dari  kamu, kan? Mungin dia juga pernah "galau" ketika dia sendiri dan mengharapkan kehidupan yang kayak kamu punya.
                Yang ketiga yaitu membanggakan diri,untuk contohnya sangat banyak tanpa di sadari dari diri sendiri,contonya yaitu :
 1. mrendahkan/mejelekan orang lain.
2. hanya merasa dirinyalah yang paling cantik dan kaya.
3. suka memamerkan harta atau barang-barangnya.
4. berlaku tidak sopan ketika berjalan di depan orang lain.
5. suka memotong pembicaraan orang lain, ( dengan sengaja )
6. jika di panggil orang pura-pura tidak tahu.
7. tidak mau sedekah, padahal hartanya banyak.
8. hanya mau diberikan fasilitas yang baik, tetapi tidak mau bekerja.

google+

linkedin