Kamis, 20 Agustus 2015

Cara membuat website mengunakan apliaksi CMS Wordpress

Post oleh : Unknown | Rilis : 20.42 | Series :





WordPress adalah alat blogging gratis dan open source dan sistem manajemen konten (CMS) berbasis PHP dan MySQL, yang berjalan pada layanan web hosting. Fitur termasuk plug-in arsitektur dan sistem template. WordPress digunakan oleh lebih dari 18,9 % dari 10 juta website pada Agustus 2013 WordPress adalah sistem blogging yang paling populer digunakan di Web, pada lebih dari 60 juta situs.
WordPress melalui pendirinya Matt Mullenweg dan Mike Little pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003. Pada September 2013, versi 3.6 telah diunduh lebih dari 6 juta kali.

Dalam penggunaannya wordpress lebih tepat untuk kalangan profesional yaitu dengan menggunakan beberapa template design yang bisa di download secara gratis atau dengan membeli secara premium.


WordPress merupakan salah satu CMS blog yang paling digemari oleh para Blogger untuk membuat blog mereka. berikut adalah beberapa keunggulan dari CMS WordPress :
  • Bersifat bebas ( free/gratis ) karena dilisensikan di bawah lisensi GNU Public Licence.
  • Dapat digunakan secara offline ( tanpa konrksi internet ) menggunakan web server yang di instal secara lokal.
  • Dapat di instal pada web hosting yang mendukung penggunaa PHP dan MySQL. Versi PHP yang digunakan minimal adalah versi 4.2 dan versi MySQL minimal adalah 3.23.x.
  • Mudah dikustomisasi.
  • Meneyediakan banyak theme dan plugin.
  • Mendukung proses pembuatan kategori dan subkategori yang tidak terbatas.
  • Dapat melakukan sindikasi otomatis dengan bantuan RSS dan Atom.
  • Menggunakan interface XML ROC (Remote Procedure Call) untuk proses trackback dan remote posting.
  • Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email.
  • Support terhadap plugin dan theme (pengaturan skin pada blog).
  • Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dari MovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution dan Blogger yang merupakan kelebihan utama WordPress. Pemakai WordPress juga dapat membuckup semua posting untuk kepentingan keamanan dan menguploadnya kembali secara mudah.
  • Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstansi dan mempunyai API (Application Program Interface) untuk meningkatkan kemapuan WordPress.
  • Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalaman dalam nge-Blog.
  • Fasilitas searching yang nyaman.
  • Proses publish konten secara instan.
  • Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
  • Mempunyai susunan panel administrasi yang terbaik dengan segudang fiturnya.
  • Link manager untuk mempermudah proses pembuatan link dengan blog atau situs lain.
Kelemahan Blog dengan Menggunakan WordPress.com
Secara umum sebenarnya kelemahannya adalah kebalikan dari kelebihannya. Tapi pada sisi tertentu ada kelemahan khusus jika menggunakan wordpress.com sebagai platform blog gratisan:




Pertama: Tidak bisa mengatur halaman hosting
Karena wordpress.com adalah blog gratisan yang sudah menyediakan layanan hosting yang juga gratis, maka anda tidak bisa mengakses panel hostingnya. Bagaimana penagaturan dan sistem databasenya tidak akan bisa anda lihat apalagi pelajari. Jika anda ingin membuat script PHP sendiri untuk membuat form-form tertentu, jelas tidak bisa. Misalnya menjadikan blog anda sebagai blog forum, situs member, dan sejenisnya tidak bisa. Singkatnya, keleluasaan anda untuk mengoptimalkan blog seperti blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri yang berbayar tidak akan bisa.
Kedua: Konten atau blog tidak mutlak milik sendiri
Karena hostingnya bukan milik anda, maka semua konten dan status kepemilikan blog anda hanya bersifat semu, sama dengan engine blog-blog gratisan lainnya (blogger.com dan multiply misalnya). Anda sebenarnya hanya sebagai pengguna. Bukan pemilik mutlak atas blog anda. Karena jika sewaktu-waktu ada kebijakan dari pihak wordpress.com, misalnya menghapus konten blog anda, atau meniadakan layanan blog gratisan mereka, maka anda tidak bisa berbuat apa-apa, meskipun sejauh ini hal itu belum terjadi. Berbeda dengan jika anda menggunakan blog wordpress dengan hosting sendiri, dimana andalah pemilik dan penguasa mutlak atas blog anda sendiri.
Ketiga: Tidak leluasa untuk menata tampilan blog
Halaman CSS (cascading style sheet) adalah halaman yang sangat penting untuk mengatur script HTML untuk menata tampilan blog. Dengan CSS itulah kita akan leluasa untuk mengutak-atiknya. Tapi pada wordpress.com fasilitas ini tidak disediakan secara gratis. Anda baru bisa menggunakannya dengan membayar. Sedangkan fitur template untuk mengatur tampilan sangat terbatas. Hanya template-template tertentu dari pihak ketiga yang sudah menyediakan fiturnya. Dan biasanya hanya bisa mengganti header dan sidebar. Setidaknya itulah yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya pribadi.
Keempat: Tidak bisa menggunakan plugin
Plugin wordpress adalah sejenis aplikasi tampahan yang sangat berguna untuk mengoptimalkan fungsi blog wordpress. Dan jumlahnya sangat banyak, sudah mencapai belasan ribu saat saya menulis postingan ini. Tapi tidak tersedia untuk blog yang menggunakan blog wordpress.com. Kecuali jika anda menggunakan blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri (berbayar) baru bisa menggunakan semua plugin tersebut.
Kelima: Tidak menerima script iklan bisnis google adsense
Sudah lazim dalam dunia blogging bahwa banyak blogger akhirnya menjadikan blog sebagai mesin bisnis. Baik blog gratisan apalagi yang berbayar. Dan kebanyakan bisnis internet dengan blog biasanya menggunakan bisnis melalui iklan. Nah, salah satu bisnis iklan (PPC = Pay Par Klik) yang paling popular di dunia adalah bisnis Google adsense, dimana untuk menampilkan iklannya harus menggunakan script atau bahasa kode. Tapi hingga tulisan ini saya luncurkan, setahu saya wordpress.com tidak bisa menerimannya. Begitu juga dengan script-script iklan tertentu. Berbeda dengan blogger.com yang memang milik google justru langsung built in untuk bisnis google adsense.
Akan tetapi untuk bisnis lain tentu saja tetap bisa. Misalnya bisnis paid review, bisnis ebook, dan lain-lain.
Lebih kurang itulah sejauh yang saya ketahui.
Akan tetapi bukan berarti kekurangan ini adalah sebuah cacat. Tapi hanya sebuah keterbatasan. Tapi tentu masih wajar, karena layanannya yang bersifat gratis. Dan
kenyataannya tetap banyak digunakan para blogger di seluruh dunia. Dan terbukti wordpress.com adalah layanan blog gratis no.2 populer setelah blogger.com.





kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara install wordpress,langsung saja......^.^


pertama buka ternimal anda dan anda remote terminal anda,misalnya
#ssh achyar@192.168.91.2

pertama ketik skrip
#cd /var/www/html/


terus buka browser tulis wordpress.org untuk klik download wordpress 4.3



terus akan terbuka jendela baru,terus klik kanan pada mouse untuk mengcopy link location

kalau sudah di copy,buka lagi terminal anda dan mencopy wordpress dengan cara
#wget klik CTRL+SHIFT+V
kalau gak bisa bearti anda harus install wgetnya
#apt-get install wget




ini adalah tampilan bahwa ternimal anda ada mendownload wordpress



kalau sudah terdownload anda ketik skrip ls,enter,nanti anda bisa lihat ada latets.zip


untuk mengekstrak wordpressnya anda harus ketik skrip
#unzip latest.zip
misal anda mecoba ekstrak wordpressnya dan tidak bisa bearti anda harus install dulu unzipnya
#apt-get install unzip,enter



kalau sudah terekstrak anda ketik ls lagi dan ada tulisan wordprees,nah bearti wordpress telah di ekstrak





terus tambahkan skrip
#chown -R www-data:www-data wordpress


kalau sudah tambah lagi skrip
#chmod 755 wordpess



setelah itu buka phpmyadmin,dan anda membuat database baru





Setelah membuat database bernama wordpress lalu tekan link create kemudian muncul pesan kecil seperti gambar dibawah ini berarti, database bernama wordpress berhasil anda buat.









kalau sudah anda ke data basenya anda dan buat database baru
dan ketik wordpress






kalau sudah open new tab
dan ketik 192.168.91.2/wordpress/wp-admin/setup-config.php



di bawah ini merupakan menu tampilan memilih bahasa,saya akan memilih bahasa English (United states)


setelah itu pilih let's go.untuk pergi ke halaman install wordpress





Setelah itu isi sesuai dengan database wordpress anda, Database Name:wordpress,User name:root,password:*****.Database Host:localhost,Table Prefix:wp_






Setelah menekan link submit maka anda akan dibawa ke pembuatan accunt wordpress di bagian Site Title:Muhammad Achyar,User Name:Achyar Tetsuya,password************,dan isi email aktif anda,kemudian install wordpress anda






terus klik run install






terus ini User name dan password anda tadi







dan ini merupakan tampilan wordpress yang anda install





sekian dan terima kasih semoga bermanfaat
jika ada salah kata-kata saya memohon meminta maaf yang sebesar-besarnya









google+

linkedin