Minggu, 30 Agustus 2015

cara setting mikrotik RB951

Post oleh : Unknown | Rilis : 18.39 | Series :
 1. Yang pertama untuk masuk ke Settingan mikrotik kita menggunakan aplikasi yang bernama winbox, cara menyettingnya langsung saja membuka aplikasi winbox kemudian kelik netbor pada menu winbox kemudian kelik mac address mikrotik, kemudian pilih connect, lalu pilih remove configuration agar konfigurasi dari pabrik pembuat mikrotik terhapus. Kemudian connect ulang ke setinggan mikrotik.

2. Ini adalah tampilan awal settingan Mikrotik, lihat gambar dibawah ini,,

3. Pilih System, kemudian pilih Identifity. menu ini fungsinya untuk memberikan identitas mikrotik kita, lihat gambar dibawah ini.

4. Masuk ke menu Interfaces, kemudian kelik Wlan kemudian klik enable, menggaktifkan wireless lokal area network.

5. Kemudian klik 2* pada wlan kemudian ada bebrapa menu yang harus diuba yaitu masuk ke menu Mode pilih ap bridge, kemudian Band pilih 2GHz-B/G/N, dan SSID, disini saya memberi nama SSID yaitu SMK NEGERI 1 NABIRE, yaitu  sekolah saya.

6. Kemudian klik IP kemudian Pilih address, kemudian klik tanda + kemudian beri Ip pada ether yang akan digunakan, disini saya memberi ip pada ether 2, lihat gambar dibawa ini.


7. Kemudian klik IP lagi kemudian Pilih address, kemudian klik tanda + kemudian beri Ip pada ether yang akan digunakan, disini saya memberi ip pada ether 3, lihat gambar dibawa ini.


8. Kemudian klik IP lagi kemudian Pilih address, kemudian klik tanda + kemudian beri Ip pada ether yang akan digunakan, disini saya memberi ip pada ether 4, lihat gambar dibawa ini.

9. Kemudian klik IP lagi kemudian Pilih address, kemudian klik tanda + kemudian beri Ip pada ether yang akan digunakan, disini saya memberi ip pada ether 5, lihat gambar dibawa ini.

10. Kemudian klik IP lagi kemudian Pilih address, kemudian klik tanda + kemudian beri Ip pada wlan yang akan digunakan, disini saya memberi ip pada wlan1, lihat gambar dibawa ini.

11.Pilih Ip kemudian klik DHCP Clien, kemudian di interfacesnya pilih ether1 yang merupakan sumber dari ISP (Internet Service Provider).

12.Dibagian status jaka ada tulisan bound, artinya ethernet kita suda bisa connect ke google/isp.

13.Pilih Ip kemudian klik DHCP Server kemudian dibagian DHCP Server Interfacesnya arahkan ke Wlan1 yang merupakan pembagi ip nantinya ke client.

14. Kemudian klik Ip lalu pilih DNS (Domain Name System) kemudian di bagian Server klik ip langanan kita, tetapi disini karena koneksi saya sumbernya dari telkom maka saya memberi ip telkom yaitu 202.134.1.10 dan 202.134.0.155, dan kasih centang pada Allow Remote Requests.


15.Kemudian masuk lagi ke menu Ip kemudian pilih Firewall kemudian di out interfaces pilih ether1 sebagai sumber layanan yang saya setting, lihat gambar dibawah ini.

16.Masi di menu Firewall kemudian masuk ke menu Action kemudian di bagian action pilih Masquerade tujuannya agar mengubah ip private menjadi ip publict. kemudian klik Apply kemudian klik ok.

17. Ditahap ini saya ingin membut user dan password untuk login, langsung saja pilih Ip kemudian Hospot kemudian dibagain Hospot interfaces pilih wlan1, kemudian klik next hingga di tahap DNS Name.

18. Masi ditahap Hospot, dibagain DNS Namenya saya isi login.nabire, login.nabire ini tujuannya supaya kita bisa masuk ke web page login username dan password, lihat gambar dibawah ini.

19. Masi ditahap Hospot, dibagain Name of local hospot user saya isi papua sebagai user buat login dan diabagain password for the user saya isi papua lagi password ini untuk login. user name dan password yang kita buat tadi digunakan buat mesuk ke jaringan yang kita buat.

20. Masi di menu Hospot, klik di bagian server profiles kemudian beri centang pada HTTP CHAP, HTTP PAP, HTTPS dan Trial, lihat gambar dibawah ini.

21. Jika ingin membuat user dan password buat login langsung saja masuk ke menu Ip lalu pilih Hospot kemudian masuk ke users, kemudian dibagian server pilih hospot1, kemudian name dan password buat login. Setelah itu pilih Apply lalu Ok.

22. Jika kita ingin mengecek apakah setinggan kita telah berasi, lagsung saja masuk ke menu terminal kemudian tulis ping google.com jika hasilnya seperti gambar dibawah ini berarti settingannya suda berhasil.

23. Kemudian connect ke SSID yang telah kita buat tadi yaitu SMK NEGERI 1 NABIRE.

24.Setelah itu klik di url login.nabire seperti yang telah kita setting tadi kemudian isi user name dan password yang telah kita daftarkan tadi di settingan mikrotik di bagian hospot user, setelah itu klik login.

25. Jika tampilannya suda seperti gambar dibawah ini maka anda suda bisa mengakses situs web yang anda ingin kunjungi.
























google+

linkedin